Sabtu, 19 Januari 2013

Perbedaan Universitas, Institut, dan Sekolah Tinggi


Pertanyaan ini biasanya muncul bagi temen-temen yang masih duduk di bangku SMA dan mau melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi.
Awalnya saya juga kurang mengerti perbedaan dari masin-masing perguruan tinggi tersebut, namun seiring berjalannya waktusaya pun memiliki pemahaman sendiri mengenai masing-masing dari perbedaannya. Letak perbedaannya terletak pada penyelenggaraan program akademik, kalau masalah standar SKSnya saya kurang tahu secara pasti. Berikut penjelasan saya mengenai perbedaan dari ketiganya.

Universitas adalah Perguruan Tinggi yang menjalankan program Akademi atau Profesi yang terdiri dari beberapa fakultas (bagian dari Perguruan Tinggi yang mempelajari ilmu tersendiri, yang terdiri dari beberapa jurusan). Masing-masing fakultas dari universitas memiliki jenis keilmuan yang berbeda antara fakultas yang satu dengan fakultas yang lainnya. Seperti di UNINDRA 
yang terdiri dari Fakultas Teknik, Matematika dan IPA (FTMIPA), Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial (FIPPS), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS). Gampangnya kita ibaratkan Universitas sebagai SMA (umum) yang ada jurusannya IPA, IPS, dan Bahasa

Institut adalah Perguruan Tinggi yang menjalankan program Akademi atau Profesi yang terdiri dari beberapa fakultas (bagian dari Perguruan Tinggi yang mempelajari ilmu tersendiri, yang terdiri dari beberapa jurusan). Akan tetapi fakultas dalam Institut hanya memiliki satu macam jenis keilmuan yang sama. Seperti IPB yang terdiri dari Fakultas Pertanian, Peternakan, Kehutanan, dll. Gampangnya Institut kita ibaratkan sebagai SMK seperti STM, SMEA, SMKK, SMIP dll. STM jurusannya ada Mesin, Elektro, Bangunan, dll. SMEA jurusannya ada Ekonomi, Akuntansi, Pembukuan, dll. SMKK jurusannya ada Menjahit, Tata Boga, dll. SMIP jurusannya ada Guide, S O, Ticketting, Travel, dll.

Sekolah Tinggi adalah Perguruan Tinggi yang menjalankan program Akademi atau Profesi yang memiliki satu cabang keilmuan atau lebih mudahnya satu fakultas dech.! Seperti STIT Ibnu Sina Kepanjen Malang yang memiliki satu cabang keilmuan yaitu tarbiyah, yang memiliki dua progran studi (jurusan) yakni Pendidikan Agama Islam, dan Pendidikan B. Arab.

Mudah-mudahan dari keterangan di atas bisa dilihat letak perbedaannya, yaitu jika Universitas terdiri dari beberapa fakultas, masing-masing fakultas terdiri dari keilmuan yang tidak sejenis antara yang satu dengan yang lain. Institut terdiri dari beberapa fakultas akan tetapi dari beberapa fakultas tersebut memiliki satu bidang keilmuan yang sama. Sementara Sekolah Tinggi adalah Pergururan Tinggi yang memiliki satu cabang ilmu pengetahuan.

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat, dan Terima Kasih sudah berkunjung.

1 komentar: