Selasa, 15 Januari 2013

Bermain Game PS1 di Android



Postingan pertama blog ini bakal ngejelasin gimana cara main game PS 1 di android.
Awalnya saya iseng-iseng n mulai bosen sama game-game sekarang yang menurut saya terlalu cepat untuk diselesaikan. Mendadak saya kangen pengen main Harvest Moon di PS1. Tapi berhubung PS1nya udah di jual, jadi bingung deh mau main di mana. Langsung aja saya cari tutorialnya di internet cara main game PS1 buat Andro. Akhirnya ketemu caranya n langsung aja saya trial di Android. Ternyata berhasil, rasanya puas banget nostalgia sama game-game di PS1 tersebut,

Berikut saya mau sharing nih cara supaya bisa main game PS1 di Android.
Adalah ePSXe for android suatu aplikasi emulator yang bisa digunakan untuk perangkat Android anda tanpa perlu di Root. Tinggal install saja sudah bisa dimainkan dan settingannya pun sangat mudah,, sudah saya coba di perangkat Android saya Smartfren Andromax-I dan berjalan dengan sangat lancar. Secara otomatis aplikasi ini juga bisa berjalan pada spesifikasi perangkat android yang sama. NAmun, tidak menutup kemungkinan bisa juga di install pada perngkat lain yang mungkin spesifikasinya di bawahnya. Karena memorinya yang sangat kecil hanya 1.8MB sudah termasuk BIOS jadi tidak ada salahnya untuk dicoba, apalagi tidak perlu repot-repot root android segala.

Buat mendapatkan aplikasi ini, kita bisa download langsung di Google Play, akan tetapi tidak gratis. Tapi jangan khawatir, kita masih bisa dapat mentahan aplikasinya secara gratis kok. Nih saya kasih link downloadnya.


Untuk cara settingnya ikuti langkah di bawah ini untuk mempermudah :

  1. Buat folder baru di SD card anda, misalnya "Playstation 1"
  2. Masukkan file (Apk dan Bios) yang sudah di download tadi ke dalam folder Playstation 1
  3. Buat folder lagi di dalam folder Playstation 1 dengan nama "Roms"
  4. Masukkan game PS 1 anda ke dalam folder Roms tadi
  5. Install APKnya, kemudian jalankan aplikasi ePSXe di android anda
  6. Buka menu Preferences, lalu pada menu "Bios File" cari Bios yang sudah anda letakkan di folder Playstation 1 tadi
  7. Di menu "Screen Orientation", pilih tampilan layar yang anda suka Portrait / Lanscape
  8. Setelah semua disimpan, lalu pilih menu "Run Game" kemudian pilih game yang sudah anda simpan di menu Roms tadi.


Format untuk file game PS1 adalah .iso / .bin
Cara mendapatkannya anda bisa searching dari beberapa website,
http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=152871
http://coolrom.com/roms/psx/


Selamat Bernostalgia..!
Apabila ada link yang rusak beritahukan saja pada kolom komentar.

2 komentar: